Tuesday, January 18, 2011

0 Agar Akses Internet Lebih Cepat



Satu hal yang selalu diharapkan saat melakukan surfing di internet adalah kecepatan aksesnya. namun tak selamanya akses internet dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Dengan berbagai faktor penyebab , lambatnya akses internet tentu merupakan hal yang sangat mengganggu.

Anda sebagai pengguna internet sebenarnya bisa melakukan sesuatu untuk mendorong kecepatan akses internet, simaklah langkah berikut ini.

  1. Hal yang pertama yang bisa dilakukan adalah membersihkan sistem komputer dari segala macam Virus, worm (program jahat atau malware yang menyebarkan diri sendiri melalui kelemahan sistem komputer. layaknya virus , worm juga bisa menggandakan dirinya) atau trojan ( program perusak yang menyamar sebagai aplikasi yang tidak berbahaya ). Selain dituntut waspada, Anda juga dapat memasang antivirus untuk mencegah perusak - perusak sistem komputer tersebut.

  2. Anda dapat mengoptimalkan kecepatan koneksi internet dengan memasang program MTU (maximum Transmission Unit). Program yang akan mengubah prameter koneksi jaringan internet ini memungkinkan Anda untuk memperoleh akses internet relatif lebih cepat.

  3. Jika memungkinkan , akan lebih baik jika anda menggunakan web proxy yang disediakan oleh ISP atau penyedia jasa layanan internet. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi waktu delay saat anda mengakses, mengirim atau men-download data dari internet. Sebagai sebuah ilustrasi, perjalanan anda tentu akan lebih cepat jika menggunakan perantara yang ada di negara sendiri daripadayang diluar negeri bukan? Beberapa ISP program yang dapat mengompres browser di dalam internet sehingga akses maupun pertukaran data menjadi lebih cepat.

  4. Hal berikutnya adalah dengan mengganti jenis koneksi jaringan dari dial up( analog) menjadi ADSL ( Asymmetric Digital Subcriber Line ) yang membuat pertukaran data dapat dilakukan lebih cepat.

  5. Terahkir yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan ( Upragade ) Spesifikasi komputer yang ada sekarang . Misalnya dengan mengganti processor atau menambah jumlah RAM ( Random Access Memory )
  6. Jika Langkah di atas tidak menunjukkan hasil yang signifikan maka mungkin lambatnya akses terjadi karena hal lain di luar kemampuan Anda sebagai pengguna. Faktir tersebut antara lain kepadatan lalu lintas internet , besar bandwith yang disewa ISP ( penyedia jasa layanan internet ) ke backbone internet , jumlah pengguna yang mengakses server secara bersamaan, dan kemampuan server sendiri.

Jika langkah di atas tidak menunjukkan hasil yang signifikan maka mungkij lambatnya akses terjadi karena hal yang lain di luar kemampuan Anda sebagai pengguna . Faktor tersebut antara lain Kepadatan lalu lintas internet, Besar Bandwith yang disewa ISP, jumlah pengguna yang mengakses server secara bersamaan, dan kemampuan servr sendiri.

0 comments:

Post a Comment