Thursday, January 20, 2011

2 Cara Merawat Oven si Pemanggang Kue


Oven. Piranti dapur yang satu ini pastilah akrab bagi ibu- ibu yang gemar memasak.erlebih bagi pemilik industri kue atau roti, oven menjadi barang yang vital. Saat menjelang lebaran dan hari libur lainnya, biasanya oven nyaris tidak pernah absen untuk memanggang kue. Namun, setelah itu , oven tidak digunakan berbulan- bulan. Lama- kelamaan, Oven pun menjadi berkarat.

Benda berbentuk kubus ini mempunyai peran penting dalam menciptakan kue dan biskuit lezat. Pantaslah jika perkakas dapur ini mendapatkan perhatian labih agar awet dan tahan lama. Sebetulnya, perawatan oven tidak begitu susah . Ada beberapa pilihan cara untuk membersihkan oven.

Salah satunya adalah menggunakan sodium ( natrium ) bikarbonat atau soda kue. Caranya, gunakan soda kue yang telah dicampur air. Kemudian gosokkan pada bagian dinding dasar oven . Nyalakan oven dengan panas rendah 30 menit. Sisa- sisa makanan yang menempel akan menjadi kering dan lebih mudah dibersihkan.

Anda juga dapat menggunakan garam untuk membersihkan noda minyak dan lemak yang menempel pada oven. Caranya, taburkan garam ke dalam oven saat kondisi masih panas . Setelah dingin , bersihkan dengan sikat hingga noda hilang. Angkat kotoran, bersihkan dengan lap basah, kemudian keringkan. Untuk mengurangi bau yang menyengat , Anda dapat menambahkan bubuk kayu manis pada garam yang ditaburkan.

Selain noda- noda yang membandel , jangan lupa membersihkan seluruh bagian oven, mulai dari bagian atas hingga bawah. Kaca dan rak juga perlu dibersihkan . Begitu pula saat akan dipakai, bersihkan oven dari debu terlebih dahulu. Di samping itu, sebelum memasukkan adonan ke dalam oven, pastikan oven sudah dipanaskan agar hasil pemanggangan maksimal . Setiap kali setelah memakai oven , buka pintu oven sampai suhu menjadi dingin.

Andaikata oven jarang digunakan , cek kondisi oven minimal setahun sekali untuk melihat kerusakan yang mungkin terjadi. Jika dibersihkan secara rutin , bisa dijamin , oven Anda akan tahan lama


2 comments:

elektronikonline said...

memang untuk barang yang satu ini dibutuhkan perawatan ekstra dan jagan lupa untuk selalu membersihkannya setelah digunakan
http://elektronikonline.blog.com/2015/06/01/10-langkah-merawat-oven/

Oxone said...

I like your blog a lot. Its informative and full of information. Thank you for sharing.

Post a Comment