Tuesday, December 28, 2010

0 Cara Menikmati Liburan , Tanpa Tambahan "Beban"

Waktu terus berganti. Tak terasa, penghujung tahun pun segera tiba. Saatnya mengambil cuti, untuk menikmati liburan akhir tahun.
Mengingat durasi liburan relatif singkat, sebaiknya rencanakan banyak kegiatan seru, bersama sahabat ataupun keluarga tercinta. Namun , apa pun aktivitas yangdijalani nantinya, kerap mendorong pola makan anda tidak terkontrol.
Hal tersebut dapat dipicu karena Anda ingin memanjakan lidah dengan mencamil banyak makanan manis , asin , dan berlemak. Bisa juga karena frekuensi waktu makan jadi meningkat atau waktu menikmati kudapan jadi semakin lama . Belum lagi ditambah absennya waktu berolahraga ketika liburan.
Berbagai macam kemungkinan penyebabnya, tapi ada satu akibat yang diperkirakan mudah terjadi . Ya, saat libur usai , kecenderungan berat badan menjadi meningkat.
Anda tidak perlu cemas dengan hal tersebut, bila sudah memiliki upaya preventifnya. Berikut berapa tips praktisnya:
  • Upayakan untuk mengimbangi asupan kalori setiap hari . Sederhananya , bila Anda berencana pergi ke pesta atau acara makan malam bersama, buatlah penyesuaian pada hari sebelum dan pagi sesudahnya.Imbangi pola makan dengan berfokus pada buahan dan sayuran , disertai beberapa protein nabati dan kacang-kacangan . Hal ini bertujuan untuk mengontrol nafsu makan dan berat badan Anda.
  • Cobalah selektif, Bila datang ke restoran denga menu prasmanan , jangan keburu kalap. Rencanakan apa yang akan Anda makan sebagai lauk utama . Berusahalah untuk menikmati pilihan Anda. Jangan tergoda untuk menyelingi dengan banyak cemilan asin ataupun manis.
  • Hiasi piring Anda. jika telah mengambil daging atau makanan laut, imbangi dengan setengah bagian piring dengan aneka warna- warni dari menu berbahan sayur dan buah. Apabila lauk Anda memakai topping saus keju atau mayonaise , ambillah dalam porsi kecil , taruh di pinggir piring
  • Tidak berlebihan. Ya, saat mengambil nasi dan lauk - pauk , sebaiknya jangan berlebih. Sesuaikan dengan kemampuan makan Anda . Cukup , tak perlu terlalu kenyang sehingga kondisi perut masih nyaman untuk diajak beraktivitas.
  • Banyak minum air putih . Selama berlibur , jangan lupakan porsi harian minum air. Hal ini amat penting untuk menjaga metabolisme tubuh dan membantu melancarkan proses pencernaan makanan. Selamat berlibur sehat

0 comments:

Post a Comment