Sunday, January 2, 2011

0 Tips Agar Organ Pencernaan Sehat

Apa yang kita makan, bisa memperngaruhi kesehatan. Tak heran , sebagai sistem yang memproses makanan, saluran pencernaan rentan mengalami gangguan. Wajar saja, mengingat didalam organ - organ pencernaan akan terjadi proses penyerapan nutrisi dari makanan yang diasup dan pembuangan zat- zat beracun.

Sebut saja gangguan tersebut seperti sembelit, diare, dispepsia, dan masih banyak lagi yang erat berkaitan dengan makanan. Padahal di satu sisi, pada sistem inilah juga terdapat sistem kekebalan tubuh.

Sekarang ini, dengan gaya hidup modern banyak memnungkinkan pola konsumsi makanan tinggi lemak dan karbohidrat namun minim serat. Hal ini lumrah saja terjadi, karena banyaknya aktivitas yang dijalani setiap harinya plus waktu terbatas, membuat orang mencari makanan yang cepat mengenyangkan dan praktis penyajiannya.

Alih- alih ingin cepat kenyang, mengerap orang mengabaikan kandungan gizi yang seimbang dari makanan yang diasup. Hasilnya , penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan maupun penyakit degeneratif siap mengancam.

Oleh karena itu, sebagai salah satu langkat efektif untuk mengembalikan fungsi pencernaan dengan baik sekaligus mengontrol gula darah agar tetap normal, mulailah meningkatkan konsumsi serat. Mulailah lengkapi menu makanan Anda setiap harinya dengan sayur dan buah.

Kedua jenis makanan diatas, adalah contoh paling umum, mudah didapatkan, dan cukup terjangkau dan kocek. Di samping itu, beras dan dan produk turunannya juga diketahui memiliki sifat mudah dicerna dan kaya karbohidrat kompleks . Variasikan jenis tersebut sebagai pelengkap lauk dan makanan pokok, untuk mendapatkan komposisi nutrisi yang beragam.

Apabila buah bisa langsung dimakan, lain halnya dengan sayur, yang bisa dimakan mentah ataupun matang. Pasalnya, dengan proses pengolahan atau pemasakan yagn kurang benar, dapat menghilangkan beberapa zat gizi dari suatu bahan makanan.

Sebagai contoh untuk pengolahan sayur hidangan. Terdapat penelitian yang tertera dalam buku Makan Sehat Hidup Sehat yang diterbitkan Penerbit Buku Kompas, menyimpulkan bahwa sayuran yang direbus dengan air menghasilkan kadar serat makanan paling tinggi ( 6,4 persen ) . Kemudian disusul sayuran kukus (6, 24 persen ) , sayuran masak santan (5, 98 persen ) , dan sayuran mentah (5, 97 persen )

0 comments:

Post a Comment