Friday, December 31, 2010

0 Trik Supaya Irit BBM

Beberapa waktu lalu, pengguna kendaraan motor di sejumlah daerah wilayah di Indonesia dibuat ketar-ketir karena premium mulai langka. Ahkirnya ada dua opsi yang mereka lakukan . Pertama, beralih ke bahan bakar minyak (BBM) selain premium.Kedua, menggunakan bahan bakar seirit mungkin.
Solusi kedua ini memang agak sulit dijalankan . Apalagi jika Anda Tipikal orang yang sering berpergian menggunakan kendaraan. Namun sebenarnya ada beberapa trik yang dapat Anda lakukan untuk menghemat BBM. Hal ini dapat dimulai dengan mengubah kebiasaan berkendara yang kurang tepat. Berikuat adalah beberapa Triknya.

  1. Pertama, berkendara dengan kecepatan tinggi. Berkendara dengan kecepatan konstan akan lebih menghemat konsumsi bahan bakar dibandingkan menginjak gas dalam- dalam. Pasalnya, kecepatan tinggi dibutuhkan lebih banyak tenaga yang secara langsung membutuhkan asupan bahan bakar yang juga banyak.
  2. Kedua, biasakan untuk melakukan akselerasi dengan lembut. Bukan hanya membuat mual penumpang yang ada dibagian belakang, menginjak pedal gas dan rem secara mendadak pun akan membuat konsumsi bahan bakar lebih boros.
  3. Ketiga, usahakan untuk berkendara dengan kecepatan kecil terlebih dahuludaat baru menghidupkan mesin, baru setelah mesin panas bisa menggunakan kecepatan besar. Intinya, jangan terlalu terburu nafsu.
  4. Keempat, tekanan angin ban kurang. Sesuaikanlah tekanan angin pada ban dengan bobot dan spesifikasi yang dibutuhkan kendaraan sesuai anjuran pada buku petunjuk pengguna. Untuk itu, biasakanlah untuk mempertahankan tekanan ideal dengan memeriksa bagian ini secara rutin. Melihat kondisi jalanan rusak, sebaiknya makin sering pula diperiksa tekanan anginnya.
  5. Kelima, menyesuaikan persneling dan kecepatan. Kerap dijumpai pengendara yang malas menurunkan posisi persneling saat kecepatan rendah atau sebaliknya tidak segera menaikkan posisi persneling ketika gas sudah mulai dipacu. Kebiasaan buruk ini akan membuat konsumsi bahan bakar lebih tinggi. Namun, akan lebih baik jika posisi persneling selalu diselaraskan dengan putaran mesin.
  6. Keenam, perawatan mesin kendaraan secara rutin, khususnya pada komponen karburator, saringan udara, atau kabel busi. Beberapa komponen ini sangat dibutuhkan untuk membuat konsumsi bahan bakar lebih irit.
Semoga Artikel ini bermanfaat untuk anda

0 comments:

Post a Comment